BBPPM Yogyakarta Latih Pengurus BUMDesa di Bojonegoro



Bojonegoro - Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Yogyakarta melaksanakan pelatihan bagi 30 pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di kabupaten Bojonegoro Jawa Timur.

Kagiatan yang dilaksanakan di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Bojonegoro ini dilaksanakan mulai hari senin sampai sabtu (15 - 20/11/2021). Bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kab. Bojonegoro, BBPPM Yogyakarta memberikan materi secara total tentang BUMDes dan BUMDesma mulai dari Regulasi, Pengelolaan dan hal-hal penting lainnya.

Kabupaten Bojonegoro menjadi angkatan ke tiga dari sekian kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh BBPPM Yogyakarta.

Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas bagi seluruh peserta dalam mengelola jalannya BUMDesa yang mereka kerjakan.

Andi Indriani, salah satu pelatih menuturkan kegiatan yang rencananya dilaksanakan selama enam hari ini diharapkan berdampak baik bagi pengurus untuk pengelolaan BUMDesa.

“Mari Bapak Ibu kita belajar bersama tentang BUMDes, tentunya sesuai komitmen bersama dalam pelaksanaannya. Ketepatan waktu dan semangat harus terjaga,”ujarnya.

Iwan Siswoyo, Ketua BUMDesa Wahana Sentosa Desa Deru Kec. Sumberrejo mengucapkan terimakasih banyak atas kesempatan dari BBPPM Yogyakarta untuk ikut serta dalam pelatihan. Serta Dinas PMD Bojoegoro yang tidak pernah lelah untuk melaksanakan pendampingan.

“Pelatihan ini sangat penting bagi kami dan teman-teman pengurus lain. Karena lebih menguatkan posisi pengurus dalam pengelolaan BUMDesa,” ucapnya.

Setiap peserta telah melaksanakan Swab tes sebelum melaksanakan pelatihan. Kegiatanpun sesuai protokoler kesehatan hal ini seiring komitmen bersama panitia dan peserta untuk pelaksanaan secara offline (tatap muka).

BUMDesa dan BUMDesma saat ini memang menarik untuk digerakkan. Hal ini seiring komitmen Kementerian Desa Pemberdayaan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) yang menginisiasi untuk status BUMDesa dan BUMDesma sebagai Badan Hukum. (*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar