Sembilan BUMDesa Bojonegoro Ikuti Orientasi Dinas PMD Provinsi Jatim


Dinas PMD Bojonegoro bersama Kepala Desa dan Pengurus BUMDesa Bojonegoro mengikuti Orientasi Pemberdayaan BUMDesa

Malang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Jawa Timur mengundang Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dan Kepala Desa di Hotel Pelangi  Malang, Rabu (31/03). Untuk Kabupaten Bojonegoro ada sembilan Kepala Desa beserta Ketua BUMDesa. Hal ini terkait kegiatan orientasi Pemberdayaan BUMDesa.

Selain Kabupaten Bojonegoro terdapat enam Kabupaten lain seperti Madiun, Blitar, Pasuruan, Lamongan, Jember dan Bangkalan. dengan total jumlah terdapat 50 Desa. Hal ini sesuai Data Desa Center (DDC) klinik BUMDesa milik Dinas PMD Provinsi Jawa Timur.

Endah Binawati, Kabid Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa (PUED) menuturkan orientasi ini menindaklanjuti kondisi terkini terkait dampak Covid-19 yang ada selama setahun berdampak tidak hanya kesehatan tetapi keberlangsungan ekonomi masyarakat, termasuk BUMDesa.

"Pada 2019 kondisi perekonomian di Jawa Timur cukup bagus, tapi sayang jelang 2020 ada Covid hingga membawa dampak kontraksi ke semua lini. tidak hanya kesehatan tapi perekonomian Masyarakat," Ujarnya.

Para peserta diberikan materi untuk peningkatan kapasitas, baik pengelolaan serta pedoman umum dalam menjalankan tugas sebagai pengurus BUMDesa. kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini juga diberikan pendampingan dalam mengisi DDC. hal ini sebagai acuan bagaimana BUMDesa tergolong di level Pemula, Berkembang dan Maju.

Pada Orientasi Program Pemberdayaan BUMDesa Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 ini sebagai angkatan ke III. Masing-masing BUMDesa akan mendapatkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp. 75 juta.

Dengan kondisi masih ada ancaman Covid, Semua peserta diwajibkan membawa surat keterangan Rapid test antigen dari Laboratorium atau Pelayanan kesehatan. selain itu tetap melaksanakan protokoler kesehatan secara ketat. mulai pakai masker, jaga jarak dan penyemprotan Hand Sanitizer. (*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar