Merajut Optimisme 2021 dengan BUMDes




Oleh : Iwan Siswoyo, Ketua BUMDes Wahana Sentosa

Langkah demi langkah telah kita rengkuh khususnya pegiat BUMDes di tahun 2020. mulai dari angan-angan, perencanaan bahkan sampai pelaksanaan. walaupun tak sesuai jalan peta karena banyak kendala, apalagi dampak Covid-19 yang sampai pergantian tahun ini sepertinya menjadi tantangan yang masih mengancam bagi kita semua.

Walaupun beberapa lepas dari target dan angan-angan, setidaknya hal positif lainnya masih bisa kami raih pada tahun 2020. dari komunikasi internal pengurus dan mitra, serta pelaksanaan program seperti penguatan ekonomi bagi Rumah Tangga Sasaran (RTS) Jalan Lain Menuju Masyarakat Sejahtera (Jalinmatra) Alhamdulillah masih jalan. Mendapatkan Anugerah ITS Award dalam bidang Produk Unggulan menjadi motivasi tersendiri bagi kami. peningkatan kapasitas bersama Forum BUMDes se Kecamatan Sumberrejo juga terlaksana.

Bumdes Wahana Sentosa  menerima Anugerah ITS Award

Seperti pada bidang lainnya untuk 2021 ini masih tetap berangan, mencatat dan merencanakan giat-giat kedepan. kami masih percaya segala potensi yang ada bisa dioptimalkan lagi, untuk saling bergandengan serta bergerak bersama. Mulai dari Desa dengan pengembangan BUMDes khsususnya perekonomian. 

 

Merujuk pesan Kementerian Desa,  Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia yang mengatakan bahwa BUMDes harus menjadi solusi terhadap persoalan ekonomi warga desa. ini yang menjadi titik fokus kami untuk tahun ini.

Bagaimana masyarakat tetap bisa bergerak hidup dan menghidupi keluarga menjadi hal yang mungkin rumit. Seiring hujan turun kami percaya bahwa semua bisa diatasi, setidaknya dari lingkup desa kecil kami yang mayoritas petani. Jadi untuk pangan InsyaAllah aman, Tentunya dengan mempersiapkan segalanya mulai dari hulu sampai hilir bahkan sampai pasca panen.

Penghasilan dari petani yang musiman akan sangat terbantu dengan adanya sektor wisata yang kami baru rintis. pengolahan produk warga untuk dibantu jual oleh BUMDes, pemanfaatan spot olahraga, senam dan seni budaya yang ada akan menjadikan "pasar" memutar perkonomian desa.

Semua akan tetap bisa terlaksana apalagi Dinas PMD yang selalu memotivasi dengan pendampingan-pendampingan serta pihak Kecamatan Sumberrejo dan pihak Pemerintahan Desa Deru yang terus melakukan koordinasi untuk mewujudkan sebagai desa yang meningkat dari semua sektor.

Optimalisasi BUMDes bersama Klinik BUMDesa
Sektor Digitalisasi mulai kami bernahi. Mulai dari Media sosial dampai website BUMDes Alhamdulillah kami upayakan, karena ini manjadi indikator dari memanfaatakan Tekhnologi Informasi. baik sebagai profiling, Informasi serta membranding Desa.

Sekali lagi kami tidak bisa sendiri untuk mencapai banyak hal yang didambakan semua pihak, tanpa campur tangan kita bersama. baik pemangku kebijakan, pengurus, mitra dan seluruh masyarakat yang ada di desa kami. Mari Berdesa, Mulai dari Desa. Salam...


 


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar