Dinas PMD Provinsi Jatim Bimtek Klinik BUMDesa di Bojonegoro


 

DATA : Endah Binawati, Kabid Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa/Kelurahan DPMD Provinsi Jawa Timur, Selasa (22/09/2020).   

 

Bojonegoro, Untuk optimalisasi pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Kabupaten Bojonegoro, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Jawa Timur melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Klinik Bumdesa di gedung DPMD Bojonegoro, Selasa (22/08/2020).
Kegiatan yang diikuti 20 pengurus BUMDesa yang tersebar di 20 Kecamatan di Bojonegoro ini dibuka oleh Kepala Dinas PMD Bojonegoro, Mahmudin.
“Kegiatan ini sangat positif untuk mengetahui sejauh mana posisi BUMDesa di Bojonegoro sesuai clusternya. Baik pemula, maju dan berkembang. ” ujarnya.
Pihaknya mengapresiasi atas inisiasi dari DPMD Provinsi Jatim dan siap bersinergi untuk membangun keberadaan BUMDesa di Bojonegoro.

Sementara itu hadir Endah Binawati, Kepala Bidang Pembinaan Usaha Ekonomi Desa/Kelurahan. Dalam paparannya Bojonegoro menjadi salah satu Kabupaten yang diprioritaskan untuk bimtek klinik BUMDesa.
“Dengan klinik BUMDesa Dinas PMD Jawa timur akan mudah mendapatkan informasi tentang keberadaan BUMDesa. Dan menjadi data dan acuan untuk pengambilan kebijakan. ” tuturnya.
Dengan Klinik BUMDesa, pengelola dapat mulai menginput data mulai dari kelembagaan, permodalan bahkan sampai belajar dan konsultasi. Peserta diberikan username dan password oleh pendamping BUMDesa dan dapat belajar secara online kapanpun melalui Data Desa Center (DCC).
Bahkan keberadaan Klinik BUMDesa secara nasional telah diakui dan masuk Top 45 Kompetisi Pelayanan Inovasi Publik (KIP) oleh Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) 2020. (*/wan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar